Jadwal dan Skema Arus Tol Satu Arah

Jakarta: Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memprediksi arus mudik lebaran 2019 akan mengalami kenaikan. Jasa Marga mengungkapkan, penerapan pengaturan lalu lintas contraflow dan one way yang terjadwal menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah arus mudik hingga mencapai 90 ribu kendaraan.
 
General Manager Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R. Lukman mengatakan, dua hal utama yang harus diantisipasi oleh pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah relokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama (Km 70) dan GT Kalihurip Utama (Km 67), yang berdampak pada perubahan sistem transaksi dan pentarifan Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta penerapan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow secara terjadwal.
 
Secara teknis, one way akan diberlakukan dengan menerapkan contraflow terlebih dahulu dengan jadwal sebagai berikut. Untuk arus mudik one way akan berlaku pada 30 Mei-2 Juni 2019 dengan skema sebagai berikut. Rekayasa lalu lintas contraflow akan diberlakukan pada KM 29-KM 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Selanjutnya rekayasa lalu lintas one way diterapkan mulai KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek-KM 263 Brebes Barat pada pukul 09.00-21.00 WIB.
Jadwal dan Skema Arus Tol Satu Arah
 
Sedangkan untuk arus balik akan berlaku pada 8 Juni-10 Juni 2019 dengan skema sebagai berikut. Rekayasa lalu lintas contraflow akan diberlakukan pada KM 61-KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Untuk selanjutnya rekayasa lalu lintas one way diterapkan mulai KM 263 Brebes-KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 14.00-22.00 WIB.
 
Raddy juga menjelaskan peningkatan pelayanan di Simpang Susun Cikunir yang masih menjadi perhatian pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2019. Hal ini karena Simpang Susun Cikunir merupakan titik pertemuan tiga arus pergerakan, yaitu dari arah Jatiasih, arah Rorotan dan dari arah Cawang yang menuju arah Cikampek. Selain itu, seperti yang diketahui tiga proyek bersamaan juga melewati Simpang Susun Cikunir seperti proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Light Rail Transit (LRT), yang menyebabkan berkurangnya kapasitas lajur.
 
“Sejak awal Mei 2019 PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek selaku operator Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated membuka loop baru yang melayani pergerakan lalu lintas ke arah Cikampek dari arah Jatiasih maupun dari arah Rorotan. Dengan adanya bukaan loop baru ini, maka kapasitas lajur ke arah Cikampek semakin bertambah karena yang sebelumnya harus berbagi dengan lalu lintas arah Jakarta,” jelas Raddy melalui keterangan resminya, Rabu (29/5/2019).

0 Comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...