Ya Allah, Bapak Ini Cuci Darah 2001 Kali karena Gagal Ginjal! Ini Cara Mudah Mencegahnya

Ya Allah, Bapak Ini Cuci Darah 2001 Kali karena Gagal Ginjal! Ini Cara Mudah Mencegahnya
mayoclinic.org

Salah satu peran ginjal yang sangat penting adalah menyaring darah dari zat-zat racun atau berbahaya sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan fungsi itulah yang sudah tidak bisa dirasakan oleh Gatut Presdewantoro.

Dilansir dari jpnn.com (24/05/19), bapak dari 2 orang anak tersebut sudah divonis gagal ginjal sejak tahun 2009. Dan menurutnya, hingga saat ini ia sudah merasakan 2001 kali cuci darah. Gatut melakukannya 3x seminggu.

jpnn.com

Ia menderita gagal ginjal akibat turunan hipertensi serta pola hidup yang kurang sehat akibat dari pekerjaan yang harus dilakukannya pada malam hari.

Melansir alodokter.com (29/04/17) dan telah ditinjau oleh : dr. Kevin Adrian, ada beberapa cara mudah untuk mencegah supaya jangan sampai kena gagal ginjal.

1. Banyak minum air putih

Banyak yang malas minum air putih selain karena alasan sibuk juga sebal jika harus bolak-balik ke kamar mandi. Padahal sering buang air kecil setelah banyak minum adalah mekanisme tubuh untuk membuang racun.

piah.com

Lebih baik sering ke kamar mandi daripada zat-zat berbahaya mengendap dalam ginjal dan berubah jadi batu ginjal sehingga lambat laun menurunkan fungsi ginjal.

Ada baiknya selalu sediakan air putih dekat tempatmu bekerja (misalnya di meja kerja) sehingga selalu ingat untuk minum.

2. Batasi konsumsi dan penggunaan garam

healthyhabitshub.com

Tak hanya penggunaan garam dapur yang harus diperhatikan. Tapi juga makanan tinggi garam seperti makanan instan atau makanan cepat saji.

Jangan terlalu sering mengonsumsi jenis makanan tersebut karena bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini akan mengganggu fungsi organ tubuh, termasuk ginjal.

3. Berhenti merokok

detik.com

Kerusakan lain yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah gangguan ginjal selain kanker tentunya. Karena itu jika kamu ingin fungsi organ tubuh (termasuk ginjal) selalu prima, maka berusahalah untuk berhenti merokok.

4. Mengendalikan gula darah dan tekanan darah

Diabetes serta hipertensi adalah dua musuh besar ginjal. Kondisi tekanan darah serta gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah pada ginjal.

kompas.com

Karena itu jaga kadar gula maupun tekanan darah supaya tetap normal dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti olahraga teratur serta jaga pola makan.

Nah itulah beberapa langkah mudah untuk menjaga ginjal kita tetap sehat. Semoga dengan menerapkan tips diatas, kita bisa terhindari dari nasib yang sama seperti Bapak Gatut yang harus rutin cuci darah.

Artikel ini tidak mewakili pandangan UC

0 Comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...