Jangan Diabaikan! Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Ginjalmu Bermasalah

Jangan Diabaikan! Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Ginjalmu Bermasalah
netz.id

Meski berukuran kecil, peranan ginjal sangat penting. Ginjal berfungsi menyaring darah dari zat-zat beracun yang membahayakan tubuh.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), ada 1 dari 10 orang dewasa yang mengalami gagal ginjal kronis. Supaya tidak sampai parah, ada baiknya kita mengetahui tanda-tanda ketika ginjal bermasalah.

1. Perubahan air kencing

beautifulng.com

Karena berhubungan langsung dengan produksi urine, saat ginjal bermasalah akan bisa terlihat dari kondisi air kencing. Beberapa gejalanya antara lain :

  • Kencing berbusa
  • Mengeluarkan darah
  • Kencing berwarna gelap disertai frekuensi buang air kecil yang jarang atau sedikit-sedikit
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari

2. Bengkak

brightside.me

Seseorang yang mengalami masalah ginjal biasanya mengalami pembengkakan di area mata, tangan atau kaki. Hal ini terjadi karena ketidakmampuan ginjal untuk menyaring cairan sehingga terjadi penumpukan cairan pada tubuh.

3. Sesak napas

brightside.me

Penumpukan cairan akibat gangguan fungsi ginjal bisa juga terjadi pada organ lainnya. Misalnya paru-paru sehingga menyebabkan sesak napas.

4. Kemerahan pada kulit (skin rashes)

brightside.me

Jangan abaikan gejala gatal-gatal atau kemerahan pada kulit tanpa sebab yang jelas (misalnya karena digigit serangga). Apalagi jika ini terus-menerus terjadi.

Hal tersebut menandakan banyaknya racun dalam tubuh akibat ginjal tidak bisa berfungsi dengan normal untuk menyaringnya. Tubuh kemudian berusaha mengeluarkan racun lewat pori-pori kulit. Ini yang kemudian memunculkan gejala gatal serta kemerahan pada kulit.

5. Bau mulut

brightside.me

Banyaknya racun dalam tubuh akibat tidak tersaring juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada mulut (halitosis) serta menimbulkan rasa besi pada mulut. Akibatnya jadi kurang nafsu makan.

6. Nyeri pinggang

brightside.me

Jika mengalami nyeri pada punggung bagian belakang yang gak hilang-hilang, bisa jadi pertanda adanya masalah ginjal. Bisa karena batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

Nah itulah beberapa tanda ginjal bermasalah. Jika mengalami gejala tersebut, jangan tunda lagi ke dokter supaya bisa mendapat penanganan segera.

Sumber : hellosehat.com (02/05/16) dan telah direview oleh : dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Artikel ini tidak mewakili pandangan UC

0 Comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...